Best Guide

Monday, December 15, 2008

Kondom : Pelindung Yang Bisa Dipakai Pria dan Wanita

Untuk mencegah penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual dan juga mencegah kehamilan, Anda perlu menggunakan kontrasepsi dengan metode penghalang. Di sini akan dijelaskan salah satu yang paling populer dari metode penghalang ini yaitu dengan kondom.

Apa sih kondom itu?
Kondom adalah metode penghalang yang mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Ada kondom untuk pria dan wanita. Kondom terbuat dari karet atau plastik.

Seberapa mereka dapat diandalkan?
Efektivitasnya tergantung pada seberapa hati-hati dalam penggunaannya. Kondom pria 98% efektif ketika digunakan sesuai dengan petunjuk. Hal ini berarti dengan menggunakan metode ini, 2 dari 100 wanita tetap akan hamil dalam satu tahunnya. Kondom wanita punya keefektifan sekitar 95%. Ini berarti 5 dari 100 wanita tetap akan hamil dalam satu tahunnya.

Bagaimana kondom pria digunakan?
Kondom pria berukuran pas dengan penis pria yang sedang ereksi. Kondom tersebut harus digunakan sebelum adanya kontak pada organ seksial. Begitu pria telah mengalami ejakulasi tetapi sebelum penis berkurang ereksinya, dia harus segera menarik dan menahan kondom dengan kuat pada tempatnya untuk mencegah tumpahnya sperma. Kondom kemudian dilepas dan harus dibuang dengan cara yang benar.

Bagaimana kondom wanita digunakan?
Kondom wanita dikenakan ke dalam vagina dan dibentangkan dengan bebas ketika sudah di tempatnya. Ujung tertutup dari kondom dimasukkan ke dalam vagina dengan arah mengarah ke atas. Pada ujung yang terbuka, cincin bagian luar berada di luar vagina. Setelah melakukan hubungan seks, kondom itu dapat dilepas dengan memelintir cincin bagian luarnya untuk menjaga sperma tetap berada di dalam dan tinggal menariknya keluar. Kemudian tinggal membuangnya dengan hati-hati.

Mitos dan fakta tentang kondom
Mitos: Kondom terasa membatasi dan tidak nyaman.
Fakta: Tidak benar, kondom tersedia dengan tekstur, bentuk dan tipe yang berbeda. Temukan merk yang sesuai dengan Anda.

Mitos: Kondom kemungkinan berlubang
Fakta: Tidak benar, semua kondom telah melalui proses pengujian. Banyak merk yang juga menyertakan tanda layang-layang yang menunjukkan mereka dapat diandalkan.

Keuntungan:
- Sangat efektif.
- Mudah didapat (kondom pria).
- Hanya perlu digunakan ketika Anda melakukan hubungan seks.
- Membantu untuk melindungi penularan penyakit seksual, termasuk HIV.
- Kondom pria terdapat dalam beberapa macam variasi, bentuk dan ukuran.
- Kondom wanita dapat dipakai pada waktu kapan pun sebelum melakukan hubungan seks.

Kerugian:
- Dapat mengganggu hubungan seks.
- Kondom pria dapat lepas atau sobek jika digunakan secara tidak benar.
- Ketika menggunakan kondom wanita benar-benar perlu diperhatikan untuk memastikan penis masuk ke dalam kondom bukan di bawah antara sisi kondom dan vagina.
- Beberapa orang sensitif dengan bahan kimia yang ada pada kondom karet, walau ini jarang terjadi.
- Pelumas dengan bahan dasar minyak, seperti body oil dan lotion, tidak boleh digunakan dengan kondom karet.



sumber : kapanlagi.com

No comments: